Survei: Anggota Google+ Mampu Ungguli Facebook

Google+ baru saja mencatat perolehan 25 juta anggota pekan ini. Sejumlah pengembang meyakini situs jejaring sosial milik Google ini mampu mengejar jumlah anggota Facebook di masa mendatang.

Berdasarkan survei yang dilakukan firma riset IDC, sekira dua per tiga dari 1.621 responden meyakini bahwa Google+ mampu mengunggguli Facebook di masa mendatang. Alasannya? Lebih dari 68 persen responden percaya bahwa aset-aset Google yang lain seperti mesin pencari, YouTube, ataupun Google Maps, mampu mengalahkan pencapaian Facebook.

Tentu saja, jika melihat total anggota yang dimiliki Google+ saat ini, yakni 25 juta, masih sangat jauh membandingkannya dengan Facebook yang telah mencapai lebih dari 700 juta anggota. Apalagi, berdasarkan analisa Experian Hitwise baru-baru ini, trafik Google+ mulai menurun dibandingkan awal peluncurannya.

google plus
Namun pihak pengembang yakin prediksi itu akan terbukti. Pasalnya, Google+ dianggap sebagai platform baru yang mampu menjadi bintang baru dunia maya setelah Facebook melakukannya, 2004 lalu.

“Pengembang terus memperhatikan kebutuhan pasar saat ini maupun masa depan. Google+ adalah sebuah peluang yang berhasil menarik perhatian mereka,” jelas Scott Schwarzoff selaku Vice President of Marketing dari Appcelerator seperti dikutip Cnet, Kamis (4/8/2011).

Kendati Google+ belum memberikan set API (application programming interface) kepada pengembang, sekira 72 persen pengembang yang mengikuti survei dari IDC sudah berencana menulis untuk API milik Google dalam kurun 12 hingga 18 bulan ke depan. Itu berarti hanya kurang 1 persen dari API milik Twitter dan 11 persen di bawah API milik Facebook.

http://techno.okezone.com/read/2011/08/03/55/487786/survei-anggota-google-mampu-ungguli-facebook

Advertisements